22 September 2023
×
×
Today's Local
22 September 2023
Tutup x

Ruang Kelas di SD Inpres Sayambongin Tak Punya Meja dan Kursi

Untuk sementara waktu, pihak dinas pendidikan akan mengupayakan pinjam pakai meja kursi dari satuan pendidikan yang lain

Sejumlah sisiwa tetap melanjutkan proses belajar mengajar walau dengan cara melantai. Foto: Banggainesia/Afrianto. K

KEPALA Dinas Pendidikan Kabupaten Banggai, Syafrudin Hinelo, segera turun tangan atas ketiadaan meja dan kursi sehingga siswa harus belajar di lantai.

Untuk mengatasi permasalahan ini, ia akan berkoordinasi dengan pihak sekolah yang memiliki kelebihan kursi dan meja belajar untuk dipinjampakai-kan ke SD Inpres Sayambongin, sambil menunggu alokasi anggaran untuk pengadaan fasilitas.

“Kita akan coba berkoordinasi dengan pihak sekolah yang memiliki kelebihan kursi dan meja belajar untuk di pinjam pakaikan ke SD Inpres Sayambongin,” kata Didi, saat ditemui diruang kerjanya, 6 September 2022.

Didi mengaku kaget atas informasi masalah prasarana di SD Sayambongin, menurutnya ia baru mengetahui kondisi tersebut, “Jujur saya pribadi baru dapat informasi kalau di Sekolah SD Inpres Sayambongin empat ruang belajar tidak memiliki kursi dan meja belajar,” Kata Didi “Ini tidak bisa dibiarkan.”

Kepsek SD Inpres Sayambongin, Ikbal Laamu, mengatakan kondisi ini sudah berlangsung tiga tahun terakhir. “Sudah hampir 3 tahun siswa di kelas 1,2,3 dan 4   belajar tanpa meja dan kursi,” kata Ikbal, Selasa, 6 September 2022.

Foto: Banggainesia

“Mereka terpaksa melantai saat proses belajar mengajar berlangsung,” imbuh Ikbal.

Menurutnya kondisi belajar mengajar seperti ini selain mengganggu konsentrasi para siswa saat belajar. Juga membuat para siswa tidak nyaman. Namun dengan semangat tekad yang kuat untuk menuntut Ilmu, sehingga proses belajar mengajar tetap berlangsung.

“Kami telah berkali-kali mengajukan proposal atau permohonan ke Pemerintah Kabupaten, namun sampai saat ini belum ada realisasinya,” tutur Ikbal.

Ia pun berharap, ke empat kelas di SD tempat ia bertugas itu segera mendapatkan meja dan kursi belajar.

Didi Hinelo berjanji segera mencarikan solusi bagi kelengkapan sarana belajar tersebut, “Besok saya undang pihak sekolah (untuk mencarikan solusi,” kata Didi yang baru 6 bulan menjabat sebagai Kadis Pendidikan itu. “Terimakasih atas informasinya,” tandas dia.